Minggu, 25 April 2010

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT,Yang telah menolong hambanya tanpa pertolonganya mungkin penulis tidak sanggup menyelesaikan makalah ini dengan baik yang berjudul SISTEM INFORMASI KECAMATAN KEDONDONG BERBASIS WEB.
Dalam menyelesaikan tugas akhir ini,penulis banyak menemukan hal-hal bermanfaat untuk memperluas wawasan ,serta penulis menyusun dengan berbagai rintangan baik itu yang datang dari penulis maupun yang datang dari luar dengan penuh kesabaran terutama pertolongn ALLAH SWT serta saran,semangat dan bimbingan dari beberapa pihak ALHAMDULILLAH tugas akhir ini dapat terselesaikan.
Melalui tugas akhir ini,penulis bermaksud untuk menyampaikn ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada:

1. Bapak Fauzi,S.E.,M.Kom.,Akt selaku Ketua Yayasn Startek Pringsewu.
2. Ibu Rita Irviani,S.F,selaku Ketua STMIK Pringsewu.
3. Bapak Sutejo, selaku Dosen Pembimbing
4. Bapak Siswantoro,selaku Dosen pembimbing
5. Ibu Elisabet Yunaeti Anggraini,S.Kom selaku Puket 1 STMIK Pringsewu.
6. Ibu Kasmi ,S.E selaku puket 11 STMIK Pringsewu.
7. Bapak Nur Aminuddin selaku Puket 111 STMIK Pringsewu.
8. Seluruh Dosen dan Staff Tata Usaha STMIK Pringsewu.
9. Bapak Drs.Pathurrozi,z selaku Camat kedondong.
10. Seluruh Pegawai dan Staff Di Kecamatan kedondong.
11. Oktoin danial.f yang telah membantu kami dalam mengumpulkan data
12. Tim TA Kecamatan kedondong (Eka Lya Haryanti)
13. Rekn-rekan BLM daan BEM STMIK Pringsewu.
14. Sahabat-sahabat di ROHMAH STIMIK Pringsewu semester 2,4 dan 6
15. Seluruh mahasiswa STMIK Pringsewu.
16. Teman-teman (ferdi, sinta,dedi, widi, dede, ari, adi, hari)

Penulis Menyadari sepenuhnya selaku umat manusia tidak luput dari khilaf dan lupa oleh karenanya dalam penyajian tugas akhir ini jauh yang dihrapkan penulis mohon maaf ,sarn dan kritik yang konstruktif sangat diharapkan penulis unuk perbaikan,Semoga apa yang telah penulis perbuat dlam menyelesaikan Tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi penulis,pegawai kecamatan kedondong,rekn-rekan dan msyarakat.





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan kemajuan jaman ditandai dengan berkembangnya tehnologi informasi dan komunikasi, telah menempatkan komputer menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya.
Hal ini dikarenakan sifat komputer yang gelobal. Pada era komputerrisasi saat ini, komputer sudah menjadi suatu alat yang membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah dari yang sederhana hingga yang rumit. setiap instansi baik instansi pemerintah maupun suwasta membutuhkan efisiensi dalam melaksanakan kagiatannya, dengan bantuan komputer kita dapat dengan mudah untuk mengolah, menyimpan, dan menampilkn data dalam jumlah lebih banyak, cepat dan akurat.

Untuk meningkatkan pelayanan publik yang transparan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat merupakan isu sentral yang hangat dibicarakan saat ini pada segenap lapisan masyarakat, untuk itu sudah menjadi keharusan dan kebutuhan bagi penyelenggara negara untuk mengambil peran dan berpartisipasi aktif dalam memberikan informasi yang dapat dipercaya dan berkesinambungan kepada masyarakat.

Pemerintah yang berbasis elektronik merupakan suatu mekanisme interaksi baru antara pemerintah dengan masyarakat dan kalangan lain yang berkepentingan dimana melibatkan teknologi informasi (terutma internet); dengan tujuan memperbaiki mutu pelayanan.
Pengolahan data dan penyajian informasi di kecamatan kedondong masih menggunakan sistem manual. selain itu pemberian infornasi juga terbatas sesuai jam kerja pegawai kecamatan, sehingga masyarakat tidak dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Berdasarkn hal diatas maka penulis melakukan sebuah penelitian untuk merancang sebuah sistem yang lebih profesional demi terwujudnya visi dan misi kecaatan kedondong. Penulis tuangkan dalam sebuah Tugas Akhir dengan mengambil judul “SISTEM INFORMASI KECAMATAN KEDONDONG BERBASIS WEB”.
Dengan adanya sistem pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih baik. Begitu pula informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan lain sebagainya dapat diakses tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, melalui internet baik menggunakan PC (personal Computer) maupun telpon seluler (mobile), Sehingga dengan mempublikasikan potensi yang ada maka dapat menarik para investor dalam maupun luar negeri untuk dapat berinvestasi di berbagai bidang . Kecamatan kedondong dapat menjadi kecamatan percontohan dikabupaten pesawaran dengan mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology) dalam pemerintahan, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

1.2 Permasalahan
Masalah yang timbul dalam penyajian informasi di kecamatan Kedondonng Saat ini sebagai berikut:
1. Waktu
Waktu yang digunakan dalam penyajian informsi menjadi relatif lebih lama.
2. Jam Kerja Pelayanan
Informasi yang dibutuhkan hanya diperoleh pada saat jam kerja pegawai kecamatan.
3. Aksesibilitas
Sistem informasi yang sedang berjalan di kecamtan kedondong memiliki jangkauan informasi yang sempit.


4. Keamanan Data
Belum optimalnya dalam pengorganisasaian data,baik dalam pengelompokan maupun media penyimpanan sehingga menyebabkan kurang terjaminnya keamanan data.

1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan masalah di atas, maka penulis membatasi masalah dalam penggunaan sistem informasi kecamatan kedondong berbasis web, yaitu sebagai berikut :
1. Ruang lingkup subjek penelitian adalah informasi yang boleh diketahui oleh publik antara lain :
a. Informasi tentang kecamatan kedondong.
b. Informasi pekon di wilayah kecamatan kedondong dan potensinya.
c. Informasi ruang lingkup objek penelitian adalah kecamatan kedondong.
2. Ruang lingkup waktu Penelitian adalah tahun 2010.
3. Ruang lingkup ilmu adalah Sistem Informasi Manajemen, Sistem Basis Data, Flowchart, Diagram Arus Data, Data Flow Diagram, XAMPP-Win 3.2-1.7.0, DataBase MySQL, Bahasa Pemograman PHP, Dreamweaver 8.0, Photoshop 7.0, Swish 2.0, Mozila firefox 3.0, Filezilla 3.2.6.1.
4. Interaksi Langsung masyarakat dengan pihak kecamatan melalui layanan camat menjawab.

1.4 Hipotesa
Setelah mengetahui permsalahan yang ada, maka hipotesa kurang cepatnya akses informasi di kecamatan kedondong saat ini pengolahan data masih mengunakan sistem manual meskipun jarak kantor camat dekat dengan tempat tinggal sebagaian masyarkat. Pelayanan informasi juga kurang optimal karena dibatasi jam kerja pegawai kecamatan, serta pengorganisasian data kurang maksimal sehingga memungkinkan terjadinya kehilangan data. Dugaan selanjutnya karena belum adanya media yang mendukung untuk mempublikasikan semua hal tetang kecamatan kedodondong menyebabkan publikasi informasi dalam ruang lingkup yang sempit.

1.5 Tujuan Dan Kegunaan
1.5.1 Tujuan
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi kecamatan kedodondong berbasis web yang mampu melakukan pengolahan data dan penyajian informasi kecamatan kedondong agar di kenal sampai ke manca negara yang dapat diakses melalui internet dengan alamat website www.kecamatan_kedondong.com.
1.5.2 Kegunaan
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
a. Dapat memberikan kemudahan dalam mengorganisir data dan informasi untuk meningkatkan efektifitas kerja staf kecamatan kedondong.
b. Memberikan kemudahan kepada masyarakat kecamatan kedondong khusunya masyarakat diluar kecamatan kedondong umumnya dalam hal mendapatkan informasi.
c. Menarik para investor baik dalam maupum luar negeri untuk berinteraksi di berbagai bidang dengan melihat potensi yang dipublikasikan.

1.6 Metode Penelitian
Metode yang di gunakan oleh penulis untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam proses penelitian ini antara lain :

1.6.1 Sumber Data
1.6.1.1 Sumber Data Primer
Sumber Data Primer ialah “ pengumpulan daa yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti”

(Dr. Nur Indriantoro, Msc, Akuntan, 1999, Metodoligi Penelitian, Edisi 1, BPFE-Yogyakarta)
Pengumpulan data yang dikumpulkan secara langsung dari kecamatan kedondong.

1.6.1.2 Sumber Data Sekunder
Sumber data sekunder ialah ” Pengumpulan data yang diperoleh secara tidak langsung melalui perantara “

(Dr. Nur Indirantoro, Msc , Akuntan, 1999, Metodoligi Penelitian, Edisi 1, BPFE-Yogyakarta)
Sumber data yang diperoleh dengan cara mempelajari masalah yang behubungan dangan kecamatan kedondong serta dari sumber buku panduan.

1.6.2 Metode Pengumpulan Data
1.6.2.1 Observasi
Penulis melakukan observasi langsung dengan mengunjungi kantor kecamatan kedondong untuk mendapatkan informasi-informasi maupun sumber-sumber data yang akan digunakan.


1.6.2.2 Dokmentasi
“Metode Pengumpulan Data dengan cara mengajukan pertanyaan terhadap objek yang diteliti”

(Dr. Nur Indirantoro, Msc , Akuntan, 1999, Metodoligi Penelitian, Edisi 1, BPFE-Yogyakarta)
Jadi Dokumentasi ialah pengumpulan data dengan cara mengumpulkan, dokumentasi atau arsip yang berguna bagi peneliti seperti :
• Arsip Data Dalam Angka
• Data pegawai
• Data Kasi Pmerintahaan

1.6.2.3 Wawancara
“Metode pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan tehadap objek yang diteliti“

(Dr. Nur Indirantoro, Msc , Akuntan, 1999, Metodoligi Penelitian, Edisi 1, BPFE-Yogyakarta)
Jadi wawancara ialah metode pengumpulan data dengan mengadakan wawancara secara tanya jawab dengan kasie pemerintahan, dan beberapa steff kecamatan kedondong. Adapu pertanyaan yang kami ajukan untuk kelengkapan data antara lain :
• Bagaimana sejarah kecamatan kedondong?
• Bagaimana struktur oraganisasi di kecamatan kedondong dan nama-nama staffnya?
• Apa saja bentuk pelayanan yang ada dikecamatan kedondong?
• Apa saja potensi yang ada di kecamatan kedondong?

1.6.2.4 Study Pustaka
“Metode Pengumpulan data melalui sumber ilmiah dari kepustakaan ataubuku-buku yang relevanyang mendukung dalam penelitian”

(Dr. Nur Indirantoro, Msc , Akuntan, 1999, Metodoligi Penelitian, Edisi 1, BPFE-Yogyakarta)
Pengertian penelitian ialah suatu metode stady yang dilakukan seseorang melalui pendidikan yang berhati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh dibangku perkuliahan serta laporan Beberapa dokumen dan buku serta download artikel dari website yang digunakan penulis sebagai referensi dalam penelitian ini antara lain :
Data potensi kecamatan kedondong 2009,kampung singgah PKK kecamatan kedondong ( Suatu harapan menuju kedondong yang bersih, Elok, Rindang, Indah, Berbudaya, Aman, Damai, Agamis, dan Harmonis), Rancangan Renstra Kecamatan kedondong Tahun 2009-2014, Tugas pokok dan uraian tugas jabatan struktural kecamatan, metodologi penelitian karya Dr. Nur Indirantoro, M.Sc,Sistem Manajemen Karya Wing Wahyu Winarno, Pengenalan Sistem Informasi karya Abdul Kohir, Sistem Informasi karya H.M Jogiyanto ,pemikiran dari Fitzgerald dan Warren, Ir.Fathansyah dalam bukunya yang berjudul basis data, janner Simarmata dan Imam Prayudi Dalam bukunya yang berjudul basis data, H.M Jogiyanto Dalam bukunya yang berjudul Analisis Dan design Sistem Informasi, http://id.wikipedia.org, http://blog.rosihanari.net,
(Untuk Study pustaka secara lengkap dapat dilihat pada halaman daftar pustaka ).

1.7 Sistematika Penulisan
Agar lebih memudahkan pembaca dalam memahami isi laporan ini, laporan penelitian ini disusun dengan sistematika pembahasan sebagai berikut :



BAB 1 PENDAHULUAN
Bab ini berisi uraian tetang latar belakang, perumusan masalah, pembatsan masalah, hipotesa, Tujuan penelitian, Manfaat penelitian,metode penelitian,dan sistematika penulisan.
BAB 11 TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi uraian tentang penjabaran judul penelitian dan alat pengembangan sistem yang digunakan penulis
BAB 111 PENYAJIAN DATA PENELITIAN
Bab ini berisi uraian tentang sejarah kecamatan kedondong,Gambaran umum,potensi sumber daya alam,sarana dan prasarana , struktur organisasi, visi dan misi, bentuk-bentuk pelayanan serta analisa sistem yang sedang berjalan di kecamatan kedondong .
BAB 1V PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini berisi uraian tentang tahapan dalam proses perancangan sistem, Implementasi dari perancangan sistem, pembahasan, dan pemeliharaan sistem yang telah dibangun.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi uraian tentang Kesimpulan dan saran.




BAB 11
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Definisi
Dengan memperhatikan permasalahan dan tujuan dari penelitian ini, maka judul yang diambil dalam penelitian ini adalah “Sistem Informasi Kecamatan Kedondong Berbasis Web”.
Adapun pendevinisian dari judul ini sebagai berikut:
2.1.1 Definisi Sistem
Dalam mendefinisikan sebuah sistem, terdapat dua kelompok pendekatan.Kelompok pertama dalam mendefinisikan sebuah sistem lebih menekankan pada prosedurnya,sedangkan kelompok kedua lebih menekankan pada komponen atau elemen-elemennya.
Pendekatan yang menekankan pada prosedurnya menurut Fitzgeral dan Warren (1981), adalah sebagai berikut:

“Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul dan bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelsaikan suatu sasaran tertentu”

Sedangkan pendekatan yang menekankan pada komponen atau elemennya menurut Wing Wahyu Winarno dalam bukunya “Sistem Informasi Manajemen” Tahun 2004 mengemukakan bahwa:
“Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan .”

Dari dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem adalah sekumpulan elemen, baik berupa prosedur-prosedur maupun komponem-komponen yang membentuk suatu jaringan kerja untuk mencapai tujuan tertentu.
Unsur-unsur yang mewakili suatu sistem secara umum adalah masukan (input), pengolahan (processing) dan keluaran (output). Selain itu, sebuah sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yang mencirikan bahwa hal tersebut dapat dikatakan sebagai suatu sistem.
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yaitu :

1. Komponen sistem, suatu sitem terdiri dari atas bagian-bagian yang saling berkaitan dan bervariasi yang bersama-sama mencapai beberapa sasaran. Sebuah sistem bukanlah seperangkat unsur yang tersusun secara teratur, tetapi terdiri atas unsur yang dapat dikenal dan saling melengkapi karena suatu maksud, tujuan dan sasaran.
2. Batasan sistem (Boundary), merupakan daerah yang membatasi antara sistem yang satu dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
3. Lingkungan Luar Sistem (Environment), adalah apapun di luar dari batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan berupa energi dari sistem sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan sistem tersebut.
4. Penghubung Sistem (Interface), Merupakan media penghubung antara suatu sub sistem yang lainnya. Penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari suatu sistem ke sistem yang lainnya dengan melalui penghubung suatu sub sistem dapat berinteraksi dengan sub sistem lainnya membentuk suatu kesatuan.
5. Masukan Sistem (Input), adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan dan masukan sinyal. Masukan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi. Sedangkan masukan sinyal adalah energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.
6. Sasaran Sistem, suatu sistem mempunyai tujuan atau sasaran. Jika suatu sistem tidak mempunyai batasan sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.
7. Keluaran Sistem, adalah energi yang diolah, diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna untuk sub sistem lain.





2.1.2 Definisi Informasi

H.M.Jogiyanto (1999:8) mendevinisikan informasi sebagai berikut :
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih bergna dan berarti bagi yang menerimanya”.

Menurut Wing Wahyu Winarno dalam bukunya “Sistem Informasi Manajemen” tahun 2004 mengemukakan bahwa :
“Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga berguna untuk pembuatan keputusan”.

Dari dua pengertian diatas, penulis menyimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna sehingga dapat dugunakan dalam proses pengambilan keputusan. Fungsi utama informasi adalah menambah pengetahuan atau mengurangi ketidak pastian pemakai informasi.

Nilai sebuah informasi ditentukan dari 2 (dua) hal,yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya, Kualitas dari suatu informasi tergantung dari 4 (empat) hal. Yaitu :
1. Informasi harus akurat (Accurate )
Informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti bahwa informasi harus jelas mencerminkan maksudnya.

2. Tepat waktu (Timelines)
Informasi yang sampai pada si penerima tidak boleh terlambat, Informasi yang sudah usang tidak akan mempuyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.
3. Berdasarkan fakta
Informasi harus berdasarkan fakta atau kejadian yang sebenanya sehingga informasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
4. Relevan (Relevance)
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi untuk setiap orang,satu dengan yang lainnya adalah berbeda.

2.1.3 Devinisi Sistem Informasi
Menurut Hall (2001) :
“Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai”.

Sedangkan menurut Alter (1992):
“Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur krja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi”.

Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah rangkaian sejumlah komponen (prosedur kerja, teknologi informasi, dan manusia) yang diorganisasikan (di proses dan didistribusikan) untuk mencpai tujuan.

2.1.4 Devinisi Kecamatan

“Kecamatan adalah pembagian wilayah administratif di indonesia dibawah kabupaten atau kota. Kecamatan terdiri dari atas desa-desa atau kelurahan-kelurahan”

.(Dikutipdari: http//id.wikipedia.org/wiki/kecamatan pada hari senin, 02 mare 2010)
Dalam konteks otonomi daerah di indonesia, kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten atau kota yang mempunyai wilayah kerja tertentu yang dipimpin oleh seorang camat.

2.1.5 Devinisi kedondong

Kedondong dalah salah satu nama kecamatan dikabupaten pesawaran yang mempunyai konsep wilayah kedondong beribadah. (Sumber : Arsip kecamatan kedondong).
2.1.6 Devinisi Website atau Situs

Menurut bdul Khodir , 2003 dalam bukunya Pengenalan Sistem Informasi Mendefinisikan situs atau web sebagai berikut :

“Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site,site) adalah sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau sub domain yang menggunakan sistem pengaksesan sistem informasi berupa World Wide Web (WWW) di Internet.


2.1.7 Definsi Sistem Informasi Kecamatan Kedondong Berbasis Web

Sistem Informasi Kecamatan Kedondong Berbasis Web adalah suatu sistem yang digunakan untuk pengolahan data dan penyajian informasi kecamatan kedodong, dimana informasi yang dihasilkan tersebut ditampilkan disebuah halaman website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar